Sunday, August 12, 2012

Jangan Bilang Berat, Karena Manusia Mampu Angkat Beban 7 Kali dari Berat Badannya

'Tolong bawakan dong, berat nih!' Kata-kata itu seringkali didengar. Terkesan tak berdaya, padahal sebenarnya manusia mampu angkat beban hingga 6-7 kali lipat dari berat badannya. Masalahnya, orang tak mau mendorong dirinya terlalu keras.
Maka itu tak perlu heran jika seringkali masyarakat mendengar ada orang yang bisa mengangkat mobil atau barang lain yang lebih berat. Ini ternyata karena manusia bisa mengangkat beban hingga 6-7 kali lipat dari berat badannya.

"Sebenarnya kebanyakan orang bisa mengangkat hingga 6-7 kali dari berat badan mereka, tapi kebanyakan dari mereka tidak mendorong dirinya terlalu keras," ujar Michael Regnier, profesor dan wakil bioengineering di University of Washington, seperti dikutip dari MSNBC, Senin (6/8/2012).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Javier Provencio, direktur ICU saraf di Clevelend Clinic bahwa ketakutan, kelelahan dan rasa sakit bisa mencegah seseorang untuk menggunakan kekuatannya yang menakjubkan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Para ahli percaya bahwa adrenalin yang membanjiri sistem tubuh menyebabkan adanya dorongan ekstra ke otot-otot, sehingga memungkinkan orang untuk menjadi lebih kuat.

Dorongan adrenalin ini timbul saat ada tindakan darurat yang bisa mempercepat jantung, paru-paru, melebarkan pembuluh darah dan mengeluarkan nurisi dalam tubuh yang semua ini mempersiapkan otot untuk memberikan respons yang cepat.

Sementara adrenalin memicu refleks fight-or-flight dalam tindakan seseorang, maka respons stres seluruh tubuh juga memberikan kontribusi terhadap kekuatan super.

"Endorfin juga sangat penting. Neuropeptida ini membuat orang merasa baik dan menekan rasa sakit serta menyediakan dorongan ekstra untuk mampu menyelesaikan tugas yang luar biasa," ujar Provencio.

Endorfin ini membuat orang fokus pada tindakannya dan pada laki-laki memiliki pengaruh yang lebih tahan lama. Sedangkan respons stres di tubuh memungkinkan orang berubah seperti hulk dengan kekuatan luar biasa dan emosi memotivasi orang untuk mencoba melakukan suatu tindakan.

Dalam kebanyakan kasus, orang yang mampu melakukan tindakan luar biasa ini percaya bahwa korban akan mati jika tidak mendapatkan bantuan. Orang-orang yang melakukan hal ini berada di bawah stres tinggi dan menyentuh secara pribadi.

Kekuatan ajaib ini pernah dialami oleh Lauren Kornacki saat menolong ayahnya yang tertiban mobil BMW 525i. Perempuan 22 tahun ini berhasil mengangkat mobil untuk menarik keluar sang ayah.

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...