Thursday, August 4, 2011

Kecerdasan kepribadian

Pada dasarnya manusia adalah makluk yang paling cerdas, namun kecerdasan itu harus di latih agar keluar serta dapat di lihat oleh orang lain dan manusia juga mempunyai lebih dari satu jenis kecerdasan contoh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, kecerdasan sosial , kecerdasan spiritual, kecerdasan mengatasi kesulitan, dan dalam perkembangan kesadaran lingkungan adapula kecerdasan lingkungan juga di kembangkan kecerdasan kepribadian. Secara umum kecerdasan kepribadian merupakan gabungan seluruh pengukuran yang berkaitan dengan unsur mental manusia dan bukan hal yang bisa di ukur namun terjadinya peningkatan kualitas kepribadian secara langsung dapat dirasakan dan di lihat melalui tumbuhnya keinginan untuk meningkatkan kualitas diri secara terus menerus.

Adapun untuk mampu meningkatkan kecerdasan kepribadian (PQ) harus menempuh 4 langkah sebagai berikut:

    Mengenal diri sendiri dan gaya kepribadiannya sendiri atau kecerdasan intrapersonal yaitu mampu melihat, memahami, mengerti potensi dan kemampuan diri sendiri. Kecerdasan ini paling penting di antara delapan kecerdasan yang di ungkapkan oleh howard gardner ( 1999 ) dalam teori kecerdasan majemuk ( multiple intelligences ).
    Mengenal orang lain dan gaya kepribadiannya atau kecerdasan interpersonal sering di sebut kemampuan sebagai kemampuan sosial, kemampuan menjalin persahabatan yang akrab dengan orang lain juga mencakup kemampuan seperti memimpin, mengorganisasikan, menangani perselisihan antar orang lain, memperoleh simpati dari orang lain dan sebagainya.
    Kemampuan untuk beradaptasi dengan orang lain atau lingkungan sosial lain yang memiliki gaya kepribadian  atau pola laku yang berbeda.
    Kemampuan membangun kerjasama dengan berbagai pribadi yang berbeda beda.

Dalam mengembangkan kecerdasan kepribadian ada 10 hal yang harus di tingkatkan dalam kehidupan sehari hari :

    Komunikasi
    Hubungan dengan orang lain
    kasih sayang
    berbagi
    kepemilikan
    kepedulian atau perhatian
    perasaan
    pemilihan
    kehidupan
    mengatasi masalah

Itulah pentingnya kecerdasan kepribadian untuk terus di kembangkan agar seseorang dapat berinteraksi di lingkungannya secara efektif dan harmonis sehingga menjadi manusia bahagia. Selain itu kecerdasan kepribadian akan menumbuh suburkan nilai-nilai kebaikan universal pada diri seseorang

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...