Wednesday, May 9, 2012

212

Menemukan hikmah dari cerita serial Wiro Sableng 212 karya Bastian Tito. Setelah membaca serial Wiro Sableng 212 Edisi “Empat Pendekar Brewok” ada hikmah yang sangat dalam dalam cerita ini.
Yaitu makna angka 212 yang tertulis di dada Wiro Sableng. Yaitu hukum pasangan alam semesta. Bahwa semua yang ada di alam semesta ini adalah berpasangan. Contohnya: ada baik ada buruk, ada cantik ada jelek, ada kaya ada miskin, ada sehat ada sakit, ada miskin ada kaya dan seterusnya.
Inilah yang disebut hukum berpasangan. Dan semuanya berpangkal pada satu. Pasangan adalah dua dan semua pasangan berujung satu, yaitu TUhan. Misal lubang hidung kita ada dua, tapi hidung kita satu. Bibir kita ada dua, tapi mulut kita satu. Mata kita ada dua, tetapi kepala kita satu.
Kesimpulannya adalah segala sesuatu yang kita rasakan, baik itu senang ataupun sedih. Kita harus mengembalikan semuanya kepada Tuhan.
Sekilas, cerita wiro Sableng adalah cerita silat konyol yang tidak ada isinya. Tetapi kalau kita mau menggali lebih dalam, maka akan kita temukan kebaikan di dalamnya.
Makna dari angka 212 intinya yaitu bahwa dalam kehidupan ini selalu melekat dua unsur yang saling berpasangan namun semua bersumber kepada yang Satu yaitu Gusti Allah
Di dalam dan di luar diri manusia juga selalu melekat unsur angka dua dan angka satu, angka 212 ini pulalah yang selalu mengingatkan manusia akan kehidupan duniawi dan Tuhan.

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...