Wednesday, May 23, 2012

Enzim Pegang Peranan Penting Dalam Proses Pencernaan

ENZIM merupakan komponen penting yang diperlukan untuk proses pencernaan dan penyerapan makanan. Tanpa bantuan enzim, semua bahan makanan yang masuk tubuh hanya akan numpang lewat. Saat ini pemahaman masyarakat mengenai enzim pencernaan dan fungsinya masih sangat rendah. Pada umumnya masyarakat hanya mengaitkan masalah pencernaan dengan penyakit maag. Dokter Ari Fahrial Syam, Sp.PD,KGEH,MMB staf Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan pengurus PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) menerangkan bahwa enzim bertanggung jawab menjaga kesehatan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan enzim dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan (maladigesti), yang selanjutnya menyebabkan gangguan penyerapan (malabsorpsi).

Lebih lanjut dr. Ari Fahrial, menjelaskan gejala-gejala malabsorpsi adalah kembung pada perut, nafsu makan menurun, diare, perut tidak nyaman, suara usus yang meningkat. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah malabsorpsi akibat kekurangan enzim adalah dengan mengkonsumsi suplemen enzim.

Maria Margaretha, Brand Manager Enzyplex menyatakan, “Saat ini masyarakat dapat memperoleh suplemen enzim yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, melalui produk kami yaitu Enzyplex. Enzyplex mengandung komposisi lengkap yaitu tiga enzim utama pencernaan (amilase, protease, dan lipase), yang membantu mengatasi masalah kekurangan enzim, dilengkapi dengan zat anti kembung dan vitamin B kompleks lengkap, yang membantu meningkatkan proses metabolisme.”

Maria Margaretha menjelaskan, “Enzyplex membantu mengatasi gangguan enzim pencernaan akibat kecenderungan pola makan masyarakat saat ini yang buruk. Misalnya makan terburu-buru, makan berlebihan atau dalam jumlah banyak terutama makanan berlemak, dan jenis makanan yang kurang bervariasi. Usia yang semakin bertambah juga menyebabkan enzim yang diproduksi tubuh kita semakin menurun.”

Enzim merupakan protein berbentuk bundar yang diperlukan untuk semua reaksi kimia yang berlangsung di dalam tubuh. Sebagian kecil enzim diproduksi di kelenjar liur di bagian mulut. Namun kebanyakan enzim pencernaan diproduksi oleh kelenjar pankreas. Ada dua golongan enzim, yaitu enzim pencernaan yang berfungsi sebagai katalisator, dan enzim metabolisme yang bertanggung jawab untuk menyusun, memperbaiki dan membentuk kembali sel-sel dalam tubuh. Enzim pencernaan yang utama terdiri dari enzim protease (merombak protein), enzim lipase (merombak lemak) dan enzim amilase (merombak hidrat arang).

Jika tubuh mengalami kekurangan enzim, perut mudah berontak saat mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Menurut dr. Ari Fahrial, “Kurangnya satu jenis enzim umumnya disertai oleh kurangnya enzim yang lain. Gangguan kekurangan enzim yang kronis dapat menyebabkan penderita mengalami malagizi (kurang gizi), yang menyebabkan berat badan berkurang dan daya tahan tubuh juga menurun.”

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...